Saturday, September 29, 2012

Lirik Lagu Rabab

Lirik lagu ini menggambarkan kondisi perantauan yang kuat, dan mengubah stereotype yang memposisikan laki-laki ibarat abu di atas tunggul. Laki-laki dalam konteks lagu ini justru berada di posisi yang rasa rindu seorang istri kampung terhadap suami, saudaranya yang merantau mengalahkan semuanya. Sebagaimana yang terdapat pada lirik,

yo sabab-basabab kami banyanyi ondeh
yo dek taragak-yo dek taragak
jo urang rantau-jo urang rantau
ondeh rabab yo rabab tolong sampaikan
urang rantau yo rantau lakehlah pulang

Berkembangnya industri kaset rekaman di Sumatera Barat sejak tahun 1970-an makin mempopulerkan penyanyi-penyanyi dan lagu Minangkabau dalam masyarakat. Mereka di antaranya  Elly Kasim, Nurseha, Juni Amir, SyamsiHasan, Yan Juned, Tiar Ramon, Lili Syarif, Eva Nurdin, Yan Bastian, dan lain-lain. Lagu-lagu yang mereka populerkan di antaranya, Rabab, Ombak Puruih, Anak Salido, Si Nona, Ayam Den Lapeh, Baju Kuruang, Tinggalah Kampuang, Simpang Ampek, Sinar Riau, dan lain-lain. Lirik lagu ini merupakan respon terhadap banyaknya masyarakat Minangkabau terutama laki-laki yang merantau. Lirik lagu ini awalnya direkam dalam media piringan hitam.

Lirik-lirik lagu tersebut pada periode 1960an direkam dalam bentuk piringan hitam. Namun pada tahun 1970an lirik-lirik lagu itu direkam ulang dalam bentuk kaset (Suryadi, 2003: 59).

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komen dan kunjungannya